Semua tentang pengertian-pengertian oleh ahli dibahas diblog ini

Faktor Penyebab Tindakan Korupsi

Sebelum membahas apa yang menjadi Faktor Penyebab Tindakan Korupsi ada baiknya juga untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja ciri dari korupsi ini sendiri. Ciri – ciri korupsi ini sendiri ada beraneka ragam. Beberapa diantaranya adalah karena melibatkan lebih dari satu orang.

Ya, korupsi sendiri biasanya bisa dalam bentuk menerika sogokan, uang, salam tempel, uang pelancar dan ada juga dalam bentuk tunai dan benda serta istilah, tergantung dengan tindakannya. Pengertian dari korupsi ini sendiri biasa ambil dari beberapa sumber. Secara umum korupsi adalah salah satu tindakan yang sangat merugikan banyak orang bahkan juga bisa merugikan negara.

Lalu yang menjadi pertanyaan adalah mengapa tindakan korupsi ini bisa terjadi? Dan sebenarnya ada banyak sekali Faktor Penyebab Tindakan Korupsi diantaranya :

Iman Yang Tidak Kuat

Ini adalah salah satu Faktor Penyebab Tindakan Korupsi. Orang yang memiliki iman yang tidak kuat akan sangat mudah sekali untuk melakukan tindakan yang mengarah keburukan seperti salah satunya adalah tindakan korupsi. Dan jika iman seseorang tersebut kuat, maka dia tidak akan pernah melakukan tindakan korupsi. Karena pada kenyataannya ada banyak sekali alasan yang akan diberikan oleh mereka yang melakukan korupsi.

Penegak Hukum Yang Lemah

Kurang tegas dan sangat lemah penegakan dari hukum bisa menjadi salah satu Faktor Penyebab Tindakan Korupsi. Penegakan hukum yang sangat lemah ini sebenarnya yang bisa menghindarkan dari para pelaku korupsi untuk mendapatkan sanksi hukum. Karena itulah negara yang memiliki penegak hukum lemah akan jauh lebih banyak memiliki pelaku korupsi.

tahanan korupsi

Kurangnya Terjadi Sosialisasi dan Juga Penyuluhan Di Masyarakat

Faktor Penyebab Tindakan Korupsi yang bisa menyebabkan ini adalah karena masyarakat masih kurang paham dan kebanyakan tidak tahu mengenai bentuk dari tindakan korupsi ini. Selain itu masyarakat juga kurang memahami ketentuan dan juga sanksi yang akan diberikan jika mereka mengalami ini.

Mereka juga masih belum mendapatkan pengetahuan bagaimana cara menghindarinya. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan banyak sekali anggota dari masyarakat yang akhirnya menganggap tindakan korupsi adalah salah satu tindakan yang biasa dilakukan dan mereka menjadi tidak peduli, yang menjadi sangat parah adalah ketika mereka juga melakukan hal yang sama dalam kehidupan sehari.

Karena Adanya Desakan Dari Kebutuhan Ekonomi

Dengan keadaan ekonomi yang sangat sulit, hampir semuanya akan sangat sulit. Bahkan ada banyak tindakan pun bisa dilakukan seseorang diluar kendali. Hal ini tentu saja bertujuan untuk mempermudah dalam memenuhi kebutuhan ekonomi. Salah satunya cara yang paling banyak terjadi adalah korupsi. Sehingga tak heran jika kebutuhan ekonomi menjadi salah satu Faktor Penyebab Tindakan Korupsi.

Karena adanya pengaruh dari lingkungan

Lingkungan yang sangat baik akan sangat berdampak juga sangat baik untuk mereka berada dalam sebuah lingkungan. Namun jika anda tinggal di lingkungan yang penuh tindakan yang buruk seperti dengan melakukan tindakan korupsi maka akan besar kemungkinan anda akan bisa terpengaruh dengan tindakan kriminal seperti ini. Dengan beberapa alasan ini maka tak heran jika Faktor Penyebab Tindakan Korupsi bisa jadi karena lingkungan.

Itulah beberapa Faktor Penyebab Tindakan Korupsi yang paling banyak sering terjadi dan sering dialami seseorang ketika mereka dinyatakan sebagai salah satu pelaku tindakan korupsi. Setelah mengetahui beberapa penyebab ini ada baiknya untuk anda segera menghindari faktor ini. Tujuannya adalah agar anda bisa terhindar dari tindakan korupsi.

Previous
Next Post »

36 komentar

Kang Nurul Iman delete September 21, 2016

Faktor penyebab dari tindakan korupsi memang banyak ya kang tapi kalau menurut saya cara paling efektif untuk mengurangi angka korupsi adalah dengan menjatuhkan hukuman yang sangat berat biar kapok.

ikhsan maulana delete September 21, 2016

kalo terus menerus korupsi, negara kita tidak akan mengalami kemajuan !!

Rezky Alfian delete September 21, 2016

Untung saja Indonesia tidak Negara paling Korupsi didunia mas, masih ada negara yang terparah dari Negara kita :D hehhe

Rezky Alfian delete September 21, 2016

Kalau bisa dihukum mati aja ya mas. Saya sudah muak sekali dengan kasus kasus korupsi ini :(

Wahab Saputra delete September 21, 2016

Apapun alasannya,,, korupsi tetap saja perbuatan yang tidak terpuji...

Salam Kenal Dari Blogger Pulau Seribu

Rival38 delete September 21, 2016

yang paling berat adalah ketika korupsi sudah menjadi budaya :)

Eksapedia delete September 21, 2016

emang mas, hukuman bagi para koruptor emang belum setimpal..

Rezky Alfian delete September 21, 2016

Korupsi bagaimana pun tetap korupsi namanya mas wahab :)

Rezky Alfian delete September 21, 2016

Sepertinya korupsi sudah menjadi budaya ya mba :) tinggal kesadaran diri kita aja lagi...

Rezky Alfian delete September 21, 2016

Hukuman yang setimpal itu seharusnya hukum mati aja yaa seharusnya mas hehe :D

Ifrod Maksum delete September 21, 2016

setidaknya hukuman para koruptor setara dengan para napi yang lain.

yang terjadi sekarang napi koruptor malah mewah kayak hotel, fasilitas ini itu. maka akan dianggap enteng, dapet duit banyak penjara mewah.

Son Agia delete September 22, 2016

Sayangnya, hukum di Indonesia belum berimbang dan masih rapuh. Sebutan 'negara hukum' masih perlu dipertanyakan.

Dwi Sugiarto delete September 22, 2016

Iman penyebab dominan kenapa orang korupsi bukti dinegeri kita banyak orang ngaku beriman maksiat jalan terus

Muhammad Adam Hussein delete September 22, 2016

Betul sekali mas, dan trerakhir tambahan dari saya khususnya seorang guru PKn. Kesadaran dari dirinya sendiri yang rendah.

Semoga tindak korupsi di Indonesia, bisa berkurang tiap tahunnya karena hal itu bukanlah masalah negara melainkan masalah kita juga.

Mang Lembu delete September 22, 2016

tindakan korupsi yang dijelaskan diatas seharusnya diantisipasi dengan ibadah kepada-NYA

Rival38 delete September 22, 2016

yup benerrr..., indonesia tidak akan hancur karena 10 juta penduduknya adalah penjahat, tapi indonesia hancur hanya dengan 10 org penjabat yang koruptor :D

Syahran Syah delete September 22, 2016

Ada MEME yang pernah saya baca di media sosial..KALAU KAGA KORUPSI BUKAN ORANG INDONESIA NAMANYA..hahahaa.

Effendi nurdiaman delete September 23, 2016

Kalau menurut saya penyebab terjadinya tindakan itu karena adanya peluang.. karena jika sudah niat tetapi tidak ada peluang pasti tidak bakal kejadian tuh yang namanya korupsi

Kang Nurul Iman delete September 23, 2016

Nah itu dia kang yang harusnya dilakukan oleh pemerintah biar dinegeri ini tidak ada lagi korupsi jadi tentram dan makmur kan rakyat.

Rezky Alfian delete September 24, 2016

Semoga saja indonesia lebih baik ya mba :)

Rezky Alfian delete September 24, 2016

Benar sekali mas ifrod, napi-napi koruptor memang lebih mewah penjara nya :(

Rezky Alfian delete September 24, 2016

Begitulah Indonesia mas :)

Rezky Alfian delete September 24, 2016

Yang namanya manusia pasti ada kekurangan, ya gak mas dwi :)

Rezky Alfian delete September 24, 2016

Tindak korupsi di Indonesia mungkin akan berkurang mas, jika hukumannya dibuat lebih berat lagi :)

Rezky Alfian delete September 24, 2016

Yaps, intinya Iman seseorang harus kuat :)

Rezky Alfian delete September 24, 2016

Hehehehe kasih tau dong meme nya, post disini :p

Rezky Alfian delete September 24, 2016

Nah, tuh tumben mas effendi kali ini bener :p

Effendi nurdiaman delete September 24, 2016

Nah itu karena saya belajar dari kesalahan mas, makanya sekarang bener :p

Rival38 delete September 25, 2016

amiinnnnnnn..... :)

Achmad Fazri delete September 28, 2016

penegak hukum kurang "kejam" untuk kasus korupsi.... jadi kesempatan para pejabat untuk melancarkan aksinya memperkaya diri.

Izwie Anindya delete September 28, 2016

tambah lagi gan..karena hukumannya kurang kejam..coba kalau hukumannya hukuman mati di depan rakyat indonesia,,pasti bisa berkurang koruptornya :)

Rezky Alfian delete September 29, 2016

Hihii :D

Rezky Alfian delete September 29, 2016

Iya mas, penegak hukumnya gak kejam, masak sih orang korupsi hukumannya ringan

Rezky Alfian delete September 29, 2016

Bener tuh kayak narkoba ya mba :D

Maman Achman delete September 30, 2016

Banyak faktor yang mnyebabkan tindakan korupsi, semua kembali ke pribadinya masing2... semoga kita tidak termasuk salah satunya ya kang....

Rezky Alfian delete November 09, 2016

Aamiin :)

Maaf, komentar kamu akan aku moderasi terlebih dahulu, supaya aku tahu kalau ada komentar baru yang masuk, terima kasih telah berkomentar diblog ini :)
EmoticonEmoticon

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *