Sedang memuat Pengertian Besaran dan Satuan Fisika ...

Pengertian Besaran dan Satuan Fisika

Pasti anda pernah mendengar besaran dan satuan di pelajaran fisika yang ada di sekolah. Besaran dan satuan memang salah satu materi yang dipelajari di pelajaran fisika. Besaran dan satuan tidak hanya dihubungkan dengan jumlah suatu zat atau benda, tetapi juga berupa besar energi yang dihasilkan oleh benda. Agar lebih jelas, berikut ini adalah pengertian besaran dan satuan fisika.

Pengertian Besaran dalam Fisika

Dalam pelajaran fisika, pengertian besaran adalah sesuatu yang bisa diukur dan dinyatakan dengan sebuah nilai dan mempunyai satuan-satuan yang sudah ditetapkan. Selain itu, besaran juga diartikan sebagai penyataan yang digunakan untuk menyatakan bahwa sesuatu mempunyai ukuran dan mempunyai satuan yang ukurannya diketahui.

Pada pengukuran suatu benda atau zat, kita harus mengetahui besaran dan satuan karena kedua materi tersebut merupakan hal utama pada konsep pengukuran. Pada pengukuran ada berbagai jenis besaran.

Ilmuan Fisika

Jenis besaran ditentukan dari kajian ilmu fisika. Besaran-besaran tersebut adalah besaran turunan, besaran skalar, besaran vektor, dan besaran pokok. Semua besaran tersebut mempunyai penjelasan yang harus dipahami sebagai berikut:

Besaran Pokok

Pengertian besaran pokok adalah suatu besaran dengan satuan yang menjadi sumber untuk menentukan satuan yang berasal dari besaran lainnya. Satuan yang masuk dalam besaran pokok adalah massa, suhu, panjang, kuat arus listrik, jumlah zat, suhu, dan intensitas cahaya. Hal tersebut adalah dasar atau penentu yang digunakan untuk menciptakan besaran yang lain.

Besaran Turunan

Pengertian dari besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Maksudnya adalah besaran yang memiliki satuan dan satuannya tersebut terdiri dari besaran pokok. Contohnya adalah jarak atau panjang dalam meter yang ditempuh per detik atau waktu yang dibutuhkan dalam sekon yang menghasilkan kecepatan benda dalam m/s.

Besaran Vektor

Vektor adalah besaran turunan yang mempunyai arah dan nilai. Contoh dari besaran vektor adalah kecepatan dan gaya. Gaya mempunyai arah ke bawah, ke atas, dan sebagainya. Sedangkan kecepatan mempunyai nilai yaitu 100 m/s.

Besaran Turunan

Besaran turunan ini adalah besaran skalar yang hanya mempunyai nilai dan tidak mempunyai arah. Contoh dari besaran ini adalah laju dan massa. Massa benda bisa dinilai tetapi tidak mempunyai arah, misalnya 5 kg, begitu juga dengan laju.

Pengertian Satuan dalam Fisika

Pengertian satuan di fisika adalah pernyataan untuk menyatakan satu bagian dari zat yang bisa diukur. Satuan juga digunakan untuk menyatakan ukuran pada suatu besaran.

Satuan berfungsi untuk membandingkan ukuran dari suatu besaran. Para ilmuwan internasional sudah menetapkan dua sistem satuan yakni CGS dan MKG. Pada satuan, ada sistem satuan yang digunakan internasional.

Sistem tersebut dinamakan dengan Satuan Internasional atau SI. Syarat sebuah satuan agar bisa ditetapkan menjadi Satuan Internasional (SI) adalah sebagai berikut:

  1. Mempunyai nilai tetap atau tidak mengalami perubahan.
  2. Berlaku secara internasional jadi tidak hanya untuk satu golongan saja.
  3. Mudah diperbanyak dan ditiru. Artinya tidak rumit.
  4. Mudah dikonversi atau diubah ke satuan lain, tidak hanya bisa untuk satuan tertentu saja.

Satuan dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu satuan tak baku dan satuan baku. Satuan baku adalah satuan yang secara umum bisa digunakan pada berbagai tempat. Satuan baku juga bisa disebut dengan satuan standar. Satuan tak baku adalah satuan yang hanya digunakan di satu daerah atau secara lokal.

Incoming search terms:

  • inovatif adalah
  • pengertian hak asylum
  • pengertian fluida ideal
  • pengertian bank internasional
  • pengertian investasi internasional
  • integrasi internasional
  • pengertian integrasi internasional
  • pengertian perambatan cahaya
  • pengertian pilgrim hotel
  • pengertian HAM internasional
Pengertian Besaran dan Satuan Fisika | admin | 4.5
/* */