Sedang memuat Perbedaan Mendasar antara Kecepatan dan Kelajuan ...

Perbedaan Mendasar antara Kecepatan dan Kelajuan

Perbedaan Mendasar Kecepatan dan kelajuan adalah dua hal yang berbeda, baik dari pengertian maupun pengaplikasiannya. Umumnya banyak yang beranggapan bahwa kecepatan identik dengan kelajuan, bahkan tidak jarang kelajuan disebut sebagai kecepatan. Memang pada saat tertentu kecepatan dan kelajuan dapat memiliki nilai identik. Meskipun demikian, dalam ilmu fisika, kita dapat melihat perbedaan signifikan antara kecepatan dan kelajuan.

Kecepatan dan Kelajuan

Perbedaan Perhitungan Kecepatan dan Kelajuan

Dalam ilmu fisika dikenal beberapa jenis besaran, yakni besaran pokok, besaran turunan, besaran skalar, dan besaran vektor. Dalam hal ini terdapat perbedaan antara kecepatan dan kelajuan, yang mana diketahui bahwa kelajuan merupakan besaran skalar, yaitu besaran yang dapat memiliki nilai tertentu dan tidak memiliki arah. Hal inilah yang membuat kelajuan selalu bernilai positif.

Berbeda dengan kecepatan yang merupakan besaran vektor, yang memiliki nilai dan arah, sehingga dalam menyebutkan kecepatan harus disebutkan besar dan arahnya. Arah yang dimaksud menentukan bagaimana kecepatan dinyatakan, apabila suatu benda bergerak ke arah kiri atau bawah, maka berdasarkan sistem koordinat arah tersebut merupakan arah sumbu X ke kiri dan sumbu Y ke bawah yang menunjukkan nilai negatif, sedangkan sebaliknya jika arahnya ke kanan maupun atas, maka kecepatan tersebut dinyatakan dengan nilai positif.

Dalam perhitungannya, nilai kecepatan diperoleh dengan menghitung berapa jauh suatu benda mengalami perpindahan (space) dalam suatu waktu tempuh (time). Perpindahan dihitung berdasarkan jarak antara titik awal dengan titik akhir benda tersebut berada.

Sedangkan pada kelajuan dapat diperoleh nilai berdasarkan jarak tempuh (long) suatu benda secara keseluruhan dalam suatu waktu (time). Hal ini jelas berbeda dikarenakan suatu benda dapat bergerak dengan jarak tempuh tertentu namun tidak melakukan perpindahan. Sebagai contoh, seseorang berjalan ke kiri sejauh dua meter, kemudian kembali ke kanan sejauh dua meter. Jarak tempuhnya ialah empat meter, namun tidak ada perpindahan yang terjadi.

Atau contoh lain seseorang berjalan ke kiri empat meter, kemudian ke kanan dua meter, maka kecepatannya dihitung berdasarkan dua meter perpindahannya dalam waktu tertentu, sedangkan kelajuannya dihitung berdasarkan enam meter jarak tempuhnya dalam waktu tertentu.

Kecepatan dan Kelajuan dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam kejadian sehari-hari, kita sering menemui bahkan mengalami kecepatan dan kelajuan. Kita berjalan, berlari, maupun berkendara, semuanya memiliki kecepatan maupun kelajuan.

Sehingga dapat dikatakan jika seseorang bergerak ke arah manapun, maka baik kelajuan maupun kecepatannya tidak akan memiliki nilai nol. Dalam keseharian misalnya dalam berkendara, kita melihat angka pada speedometer motor maupun mobil, dan menyebutkan bahwa kendaraan tersebut bergerak dengan kecepatan sebagaimana dinyatakan dalam speedometer.

Padahal, nilai yang ada pada speedometer tersebut adalah nilai kelajuan, karena diukur berdasarkan keseluruhan jarak tempuh kendaraan dalam waktu tertentu. Kecepatan sendiri diukur dengan velocitometer, atau bisa juga ditemui dalam mobil yang memiliki speedometer jenis linier yang dapat membaca angka negatif bilamana mobil tersebut bergerak mundur.

Contoh bila seseorang mengendarai motor menuju lapangan yang berada di arah utara rumah anda, speedometer menunjukkan angka 40 km/jam, maka ini berarti anda bergerak dengan kelajuan 40 km/jam, namun kecepatan anda bernilai +40 km/jam.

Penulisan kecepatan +40 km/jam disebut kecepatan sesaat karena bernilai sama dengan kelajuan dan dinyatakan bersama arahnya. Kecepatan sesaat ialah kelajuan yang dinyatakan bersama dengan arahnya, kecepatan dan kelajuan dapat beriringan namun bukan hal yang identik.

Incoming search terms:

  • perbedaan artefak dan fosil
  • contoh bank koordinat
  • apa perbedaan artefak dan fosil
  • carilah macam -macam lari estafet
  • pengertian collinngwood
  • pengertian sejarah intelektual menurut para ahli
  • rangkuman jaringan ftth
Perbedaan Mendasar antara Kecepatan dan Kelajuan | admin | 4.5
/* */